Share Everything to Everyone

Kamis, 19 Maret 2015

Pengenalan Pemrograman Berorientasi Objek

08.22 Posted by ROSYID'S BLOG No comments

- Class / Kelas adalah tempat untuk membuat object, dimana object tersebut memiliki kesamaan perilaku dan keadaan. Contoh : Class Orang, Class Buah, Class Motor, dan lain-lain.

- Attribute / Atribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object di dalam class. Attribute mempunyai karakterisitik yang membedakan object yang satu dengan object yang lainya. Contoh : pada Class Buah terdapat attribute:warna, berat. Misalkan pada object mangga: warna berisi kuning dan berat 0.5 kg dan pada object apel : warna merah dan berat 0.6 kg

- Object adalah instansiasi atau representasi nyata dari sebuah class. Contoh : Dari class Buah kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.

Oke, jangan lama - lama. monggo disedot dan dipahami sintak yang sudah saya buat :



public class Sekolah { //Kelas
String golongan ; //Atribut
String gaji ; //Atribut

public static void main(String[] args) {
Sekolah kepalaSekolah = new Sekolah(); //Membuat Objek pertama
Sekolah guru = new Sekolah(); //Membuat Objek kedua
Sekolah murid = new Sekolah(); //Membuat Objek ketiga

//Memberikan nilai pada tiap objek

kepalaSekolah.golongan = "4A";
kepalaSekolah.gaji= "Rp, 5.000.000,-";

guru.golongan = "3C";
guru.gaji = "Rp, 2.500.000,-";

murid.golongan = "Murid";
murid.gaji="Minus Rp, 500.000 perbulan ";
//Menampilkan nilai pada tipa atribut Objek
System.out.println("Objek Kepala Sekolah :");
System.out.println("- golongan : "+kepalaSekolah.golongan);
System.out.println("- gaji "+kepalaSekolah.gaji);

System.out.println("Objek guru :");
System.out.println("- golongan : "+guru.golongan);
System.out.println("- gaji: "+guru.gaji);

System.out.println("Objek murid :");
System.out.println("- golongan : "+murid.golongan);
System.out.println("- gaji: "+murid.gaji);
}
}

0 komentar:

Posting Komentar