Share Everything to Everyone

Rabu, 13 April 2016

Arsitektur Android

09.58 Posted by ROSYID'S BLOG No comments
Gambar diatas merupakan skema pembagian arsitektur pada sistem operasi android. Secara garis besar arsitektur android terdiri dari 4 layer.

1. Layer Application
Biasa dinamakan layer aplikasi dan widget. layer ini menghubungkan dengan aplikasi inti yang berjalan pada android. seperti klien email, program SMS, kalender, browser, peta, kontak, dll. semua aplikasi dibangun menggunakan bahasa java.
2. Layer Aplication Framework
Pada layer ini berisikan komponen-komponen yang sering digunakan developer dalam membuat sebuah aplikasi. beberapa contoh komponen dalam layer application framework adalah sebagai berikut :
- Views
- Content Provider
- Resource Manager
- Notification Manager
- Activity Manager

3. Layer Libraries
Sebuah layer yang menampung fitur-fitur yang terdapat dalam OS Android. Pada umumnya libraries diakses untuk menjalankan aplikasi. Beberapa library yang terdapat pada android diantaranya adalah libraries media  untuk memutar media video atau audio.

4. Android Runtime
Merupakan layer yang digunakan OS android untuk menjalankan aplikasi. Android runtime terdiri dari 2 komponen utama, yaitu :
- Core Libraries : Digunakan untuk menterjemahkan bahasa Java/C
- Dalvik Virtual Machine : Sebuah mesin virtual berbasi register yang dioptimalkan untuk menjalankan fungsi-fungsi pad android.
5. Kernel Linux
Layer ini merupakan inti dari OS android. Layer ini berisi file-file system yang mengatur system processing, resource, memory, driver, dan sistem android lainya.

0 komentar:

Posting Komentar