Share Everything to Everyone

Minggu, 25 Januari 2015

Tugas Matkul Organisasi Komputer

20.56 Posted by ROSYID'S BLOG No comments
1. Apa yang dimaksud Intel qpi dan AMD hypertransport

Jawab :
- Quick Path Interconnect (QPI) merupakan teknologi interkoneksi antara prosesor dengan chipset yang menggantikan teknologi Front Side Bus (FSB) yang digunakan pada generasi prosesor Intel sebelumnya. Teknologi QPI ini memberikan kecepatan dan bandwidth koneksi yang jauh lebih besar daripada teknologi FSB. QPI menyediakan dua jalur terpisah untuk komunikasi antara CPUdan chipset.  Hal ini memungkinkan CPU untuk mengirimkan (menulis), danmenerima (membaca) data I/O pada saat yang bersamaan (secara paralel).

- HyperTransport (HT), sebelummya dikenal sebagai Lightning Data Transport (LDT), adalah sebuah saluran komunikasi dua arah (bidirectional) yang dapat mentransmisikan data secara serial atau paralel serta memiliki kecepatan tinggi dan latency yang rendah. Bus ini diperkenalkan pada tanggal 2 April 2001. Adalah sebuah konsorsium yang disebut sebagai HyperTransport Consortium yang bertugas untuk mempromosikan dan mengembangkan teknologi HyperTransport.

2. Apa yang dimaksud intel hyper threading?

Jawab :
 - Intel Hyper-Threading Technology merupakan sebuah teknologi mikroprosesor yang diciptakan oleh Intel Corporation pada beberapa prosesor dengan arsitektur Intel NetBurst dan Core, semacam Intel Pentium 4, Pentium D, Xeon, dan Core 2. Teknologi ini diperkenalkan pada bulan Maret 2002 dan mulanya hanya diperkenalkan pada prosesor Xeon (Prestonia).
Prosesor dengan teknologi ini akan dilihat oleh sistem operasi yang mendukung banyak prosesor seperti Windows NT, Windows 2000, Windows XP Professional, Windows Vista, dan GNU/Linux sebagai dua buah prosesor, meski secara fisik hanya tersedia satu prosesor. Dengan dua buah prosesor dikenali oleh sistem operasi, maka kerja sistem dalam melakukan eksekusi setiap thread pun akan lebih efisien, karena meskipun sistem-sistem operasi tersebut bersifat multitasking, sistem-sistem operasi tersebut melakukan eksekusi terhadap proses secara sekuensial (berurutan), dengan sebuah algoritma antrean yang disebut dengan dispatching algorithm.

3.  Apa yang dimaksud extended operations instructions?

Jawab : belum nemu bos


4. Jelaskan perbedaan memori ECC dan non ECC ?

Jawab :
- Pengertian ECC Memory: ECC (Error-correcting code) Memory adalah type RAM yang dapat mendeteksi dan mem-perbaiki error / kesalahan yang terjadi pada memory internal karena adanya data yang corrupt saat system sedang beroperasi.
Pada komputer yang memakai RAM non-ECC, ketika terdapat bit data yang corupt pada memory dan selanjutnya bit tersebut tereksekusi, maka system akan mengalami blue screen of death (BSOD). Akibatnya jika terjadi pada komputer server, maka server akan down.
Lain halnya dengan RAM yang sudah menggunakan ECC Memory, yang akan mendeteksi bit yang corupt dan memperbaikinya sehingga BSOD tidak akan terjadi. Pada setiap 8-bit data dalam RAM, terdapat tambahan bit data lagi yang memang sengaja digunakan untuk melakukan error checking dan melakukan error correction, itulah salah satu keunggulan ECC Memory pada RAM.
Untuk membedakan RAM ECC dan non-ECC dapat dilakukan dengan menghitung jumlah chip memory yang berwarna hitam pada setiap modul RAM. ECC memory memiliki jumlah chip yang habis dibagi tiga atau lima.

0 komentar:

Posting Komentar