Share Everything to Everyone

Kamis, 17 September 2015

SOFTWARE PENGELOLA KEUANGAN

06.11 Posted by ROSYID'S BLOG No comments
Ada banyak sekali software akuntansi yang ada selama ini. Berikut merupakan beberapa software  akuntansi yang saya tau dari berbagai sumber:
  1. MYOB
  2. Accurate Accounting
  3. DacEasy Accounting 3.0
  4. Zahir Accounting
  5.  Accounting Package (Accpac)
  6. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
  7. Audit Command Language
Dari ketujuh software tersebut, saya akan menjelaskan tentang Software Akuntansi MYOB, karena software ini pernah saya pelajari ketika semester 2 di Universitas Gunadarma. Dan saat ini saya menjadi asisten Lab Akuntansi Menengah yang menangani tentang Software Akuntansi MYOB. Jadi mari kita bahas Software Akuntansi MYOB.
Karena disini sedang membahas mengenai software, maka Software Akuntansi MYOB (Mind Your Own Business) merupakan software yang disediakan untuk mempermudah seseorang dalam proses pelaporan keuangan. Awalnya MYOB (Mind Your Own Business) dibuat dan didirikan kali pertama tahun 1991 di Australia, lalu dikembangkan ke negara lainnya seperti di New Zealand, Malaysia, Singapore, Hongkong, China, Amerika, Kanada dan Eropa. Indonesia masuk di wilayah Asia bersama Singapore dan Malaysia. Untuk distribusi produk MYOB legal di Indonesia, MYOB Asia telah menunjuk PT. PrimaTeknika InterMulia sebagai MYOB Authorised Distributor, Authorised Training Center, MYOB Professional Partner dan MYOB Developer Partner.
MYOB memproduksi software accounting bernama MYOB accounting yang merupakan program computer akuntansi (accounting software), MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau.
Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.
MYOB Accounting versi 15.0 dan Premier versi 9.0 merupakan program yang sudah di operasionalkan oleh para pengolah data-data keuangan. Dengan adanya MYOB Accounting rilis yang baru versi 17.0 menjadi mempermudah dalam penyajian laporan keuangan, khususnya dalam lingkup Accounting Financial (akuntansi keuangan). Namun untuk pembahasan ini lebih memfokuskan pada MYOB Accounting versi 15.0. Berdasarkan komparatif secara fisik terlihat perbedaan antara MYOB Accounting versi 15.0 dengan versi Premier 9.0.
  • MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya menggunakan satu komputer saja.
  • MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated networking).
Dengan berkembangnya informasi keuangan yang bersifat urgent. Sehingga diperlukan suatu instrument pengolahan data-data keuangan menjadi informasi keuangan yang bersifat final. MYOB sebagai software yang mampu mengolah setiap input data menjadi output informasi secara cepat. Namun perlu diketahui bahwa MYOB dibuat untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan. Menutup kemungkinan bahwa software MYOB bisa dioperasionalisasikan untuk membuat laporan keuangan seperti yang lazim dalam Accounting Based (Akuntansi Dasar).
PERANAN MYOB
A. Kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan
  1. Alat bantu bagi akuntan untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
  2. Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
  3. Membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables), pajak (GST), invoice dan banyak lagi. Semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
  4. Mengelola barang dagangan
  5. Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll.
B. Peranan MYOB dalam siklus akuntansi perusahaan jasa
  1. Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implimentasi dalam pengoperasian MYOB
  2. Sebagai alat untuk mempermudah kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa
C. Fungsi dan fasilitas MYOB
Dalam aplikasinya (Applied) MYOB mempunyai berbagai fungsi dan fasilitas-fasilitas (fitur). Seperti dalam baris menu yang terdiri dari delapan kelompok menu pilihan untuk mengakses perintah, sub menu dan kotak dialog diantaranya:
  1. File
  2. Edit
  3. Lists
  4. Command Centres
  5. Setup
  6. Reports
  7. Window
  8. Help
Sedangkan pada Modul Command Centre terdiri dari delapan modul, yang merupakan pembagian dari kegiatan akuntansi, meliputi:
  1. Accounts
  2. Banking
  3. Sales
  4. Time Billing
  5. Purchases
  6. Payroll
  7. Inventory
  8. Card File
Dalam pengelompokan akun, MYOB sedikit berbeda dengan teori akuntansi. Hal ini untuk efisiensi dan kemudahan penggunaan saja. Akun (Accounts) dalam MYOB terdiri dari 5 digit (X.XXXX) dan untuk tipe Akun (Account Type) MYOB membagi 8 kelompok akun, yaitu:
  1. Assets (kelompok aktiva)
  2. Liability (kelompok kewajiban)
  3. Equity (kelompok ekuitas)
  4. Income (kelompok Penghasilan/Penjualan)
  5. Cost Of Sales (kelompok harga pokok penjualan)
  6. Expense (kelompok beban)
  7. Other Income (kelompok penghasilan lain-lain)
  8. Other Expense (kelompok beban lain-lain)
Dalam hal penentuan tipe header dan detail, header digunakan untuk setiap akun yang masih memiliki akun anak, biasanya untuk jenis akun kelompok, sedangkan Detail digunakan untuk setiap akun yang tidak memiliki akun anak lagi, biasanya untuk akun subkelompok. Dalam hal ini setiap akun detail harus disesuaikan (mengatur level akun) berdasarkan header masing-masing kelompok.
Dalam tahapan pembuatan data baru, setiap user (pengguna) dihadapkan pada tiga pilihan pada bagian Accounts List:
  1. I would like to start with one of the lists provided by MYOB Accounting (menggunakan akun-akun yang sudah disediakan oleh MYOB)
  2. I Would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file (menggunakan akun-akun yang sebelumnya di buat di Ms. Excel untuk kemudian di import dalam MYOB system)
  3. I would like to build by my own accounts list once I begin using MYOB (menggunakan sebagian dari akun MYOB dan selanjutnya membuat akun-akun sendiri-sesuai dengan kebutuhan recording).
Ketika dalam kondisi memilih import maka user tersebut diharuskan mengimport akun-akun yang sudah di format dalam bentuk Text (Tab delimited), misalnya di Ms. Excel. Begitu pula pada saat penggunaan linked accounts (akun yang terhubung dengan akun lain): Pada posisi Accounts & Banking Accounts (akun buku besar dan bank), Sales Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam penjualan), Purchases Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam transaksi pembelian), Payroll Linked Accounts (berkaitan dengan penggajian). Untuk mengisi daftar relasi menggunakan Card File, yang terdiri dari bagian Customer (pelanggan), Supplier (pemasok), Employee (karyawan), dan Personal (individu)
Bukti Transaksi & Entri Data menggunakan modul Banking, khusus mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank. Dalam tahapan penginputan setiap bukti transaksi keuangan perlu diklasifikasikan terlebih dahulu. Berdasarkan sistem dan prosedur penerimaan kas (receive money) berbeda dengan berdasrkan sistem dan prosedur pengeluaran kas (spend money). Bukti transaksi pada hakekatnya sebagai dasar dalam pengolahan untuk dijadikan informasi keuangan. Ketika terjadi suatu pengeluaran tanpa dilandasi dengan adanya bukti pengeluaran maka bisa terjadi kesalahan interpretasi. Bukti transaksi juga sebagai catatan historis yang menunjukan spesifikasi kegiatan beserta jumlah nominal yang tertera.
MYOB Accounting Software memudahkan anda dalam mendesign accounting process sesuai dengan kehendak anda sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi tentang bisnis anda. Dengan MYOB Accounting’s powerful inventory management system, anda akan dapat dengan mudah mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah pemesanan dan berapa yang sudah komit (committed).
MYOB Accounting Software dapat melakukan analisa atas bisnis anda dengan lebih dari 160 cara,sehingga banyak orang yang menggunakan software ini. Adapun kemudahan yang ditawarkan oleh MYOB Accounting Software, diantaranya:
  1. Lebih dari 160 laporan dan chart bisa dibuat dengan MYOB ini.
  2. Mengetahui Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
  3. Membuat laporan yang menyeluruh kemudian bisa dirubah menjadi Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam
  4. Dapat diekspor ke Email atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
  5. Adanya menu Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda,dll

0 komentar:

Posting Komentar