Share Everything to Everyone

Kamis, 13 November 2014

MENGHITUNG MEMORI

15.37 Posted by ROSYID'S BLOG No comments
        Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).
JENIS MEMORI (MEDIA PENYIMPANAN)
        Memori merupakan media penyimpanan data pada komputer, yang mana media penyimpanan data dalam computer dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
A. MEMORI INTERNAL
Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Memori biasa terbagi dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM.
  1. ROM (Read-Only-Memory a.k.a firmware)
Adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS.
  1. RAM (Random-Access Memory)
Adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
B. MEMORI EKSTERNAL
        Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll. Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Konsep dasar memori eksternal adalah : Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.
BENTUK MEMORI
 
PENJELASAN :

1.    Saluran Data           : Menyimpan dan Mengeluarkan Data
2.    Saluran Alamat       : Untuk Menentukan Alamat
3.    Saluran Kontrol      : Mengatur Kondisi Chip
>   Contoh enable mematikan dan mengaktifkan chip.
>   R/W (Read Write) 1 : Read 0 : Write
4.    Power Supply         : Vec and Ground
5.    Panah Tebal           : Karena banyak saluran yang masuk
CARA MENGHITUNG MEMORI
Terdapat 3 memori yang besarnya :
  • 1K x 8 bit
  • 512 x 8 bit
  • 256 x 8 bit
        Dari ketiga memori diatas kita akan mencoba merancangnya menjadi memori 4 K x 8 bit. Pertama-tama kita harus mengetahui dulu saluran data, saluran alamat, kapasistas, alamat awal, alamat akhir, peta dan blok diagram memori dari masing-masing memori. Kita akan memulai menghitung memori :
A.     1024 K x 8 bit
        Pertama-pertama kita harus mengetahui dulu 1 K itu berapa bit caranya 1 K = 1024 = 210 jadi 1024 K = 1024 x 1024 = 210 x 210 = 220. Kemudian kita masuk ke dalam langkah-langkah untuk menghitung memori :
1.      Menentukan Saluran Data               : 8 (D0....D7) {8 itu di peroleh dari 8 bit}
2.     Menentukan Saluran Alamatnya       20 (A0...A19) {20 itu diperoleh dari 220 diambil pangkatnya saja}
3.      Menghitung Kapasitasnya                : 220  = 1048576 × 8 bit = 8388608 bit = 1048576 byte = 1024 Kbyte = 1 Mbyte
4.      Menentukan Alamat Awalnya          : 0d , 0h
5.      Menentukan Alamat Akhir               : 8388607d{dari 8388608 tetapi dihitung dari 0 mengurangi satu  angka}

0 komentar:

Posting Komentar